Wednesday, July 11, 2012

Langkah-langkah Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

Sebelum membuat blog, alangkah baiknya mengetahui sedikit sejarah dari blogger itu sendiri. Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. (Dari Wikipedia, ensiklopedi gratis)

Langkah-langkah atau cara membuat Blog  gratis di blogspot: 
1. Langkah pertama, Untuk memulai mendaftar blog di blogspot silahkan kunjungi alamat situs www.blogger.com (masukkan url tersebut ke address bar), setelah itu cari tombol Sign up (daftar) yang ada di pojok kanan atas, seperti gambar di bawah ini
daftar blogspot, blogger, blog
Daftar Blogspot

2. Langkah kedua, setelah tombol sign up atau daftar diklik, nanti akan muncul aplikasi pendaftaran pembuatan akun gooogle, seperti gambar di bawah ini. Silahkan lengkapi aplikasi tersebut. Gambar di bawah ini merupakan contoh pengisiannya.


3. Langkah ketiga, Pendaftaran pada akun google sekarang lebih ketat dari pada dulu, sehingga kamu harus melakukan verifikasi nomor ponsel. Caranya tinggal masukkan nomor ponsel kamu pada Kolom nomor telepon seperti gambar di bawah ini.

verifikasi akun gmail
Verifikasi Akun

4. Langkah Keempat, setelah masukkan nomor ponsel, silahkan cek kotak sms yang ada di ponsel kamu. kamu akan mendapatkan sms kode verifikasi dari google.

5. Langkah kelima, Masukkan kode dalam sms tersebut ke dalam kotak kode verifikasi yang telah ditampilkan seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik tombol Verifikasi

verifikasi gmail,
Verifikasi


6. Langkah keenam, membuat profil, masukkan photo profile anda, kemudian tekan next atau lanjutkan. Jika belum ada photo, langsung klik next saja.

7. Langkah ketujuh, Anda selanjutnya akan dibawa ke tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Ini merupakan tanda bahwa anda telah memiliki sebuah akun google berupa alamat email yang bisa digunakan untuk login ke Gmail.com dan blogger.com, selanjutnya silahkan klik tombol Back to blogger.

membuat blog, blogger, blogspot
Welcome to Blogger

8. Langkah Kedelapan, jika melihat halaman seperti gambar di bawah ini abaikan saja , biar lebih cepat dalam membuat blog. Silahkan klik tombol lanjutkan ke blogger.

9.Langkah Kesembilan, setelah itu anda akan masuk ke halaman utama Dashboard blogger. Di dashboard ini kamu bisa membuat blog, menulis posting, mengatur tema dan lain-lain. Untuk membuat blog pertama kali klik tombol Blog Baru.
blog dashboard, blog gratis, blogger
Blog Baru

10. Langkah kesepuluh, setelah tombol blog baru diklik, akan muncul jendela pembuatan blog. Pada bagian Judul isi Judul blog anda, pada bagian Alamat isi dengana alamat blog yang anda inginkan. Pada template, pilih salah satu template yang anda inginkan. Kemudian klik tombol buat blog! Perhatikan gambar dibawah ini !!!

judul, alamat, template, blog
Tampilan Pembuatan Blog Baru

11. Langkah kesebelas, setelah langkah-langkah di atas, blog anda sudah berhasil di buat. Untuk menulis posting silahkan klik tombol Pensil, sedangkan untuk melihat tampilan blog yang masuk kosong (belum ada artikelnya) silahkan klik tombol lihat blog. Perhatikan gambar dibawah ini !!!


Agar gambarnya terlihat jelas, silahkan klik gambar tersebut diatas. 
Untuk cara posting artikel di blogspot, silahkah kunjungi artikel Langkah-langkah Cara Mengisi Artikel di Blogger pada Tampilan Antarmuka baru.

Terimakasih telah membaca artikel Langkah-langkah Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot di www.pelukissyair.blogspot.com